Perintah CHMOD Pada Linux

19
Oct 2022
CategoryLinux
Author : Admin Kursus-IT.Com
View :191x

Chmod berfungsi untuk mengatur hak akses atau permission terhadap suatu file/direktori kepada user, group dan other. Kegunaan chmod hampir sama dengan perintah attrib pada DOS. CHMOD adalah kependekan dari CHange MODe, atau terjemahan bebasnya adalah merubah mode. Mode disini adalah mode akses dari suatu file / direktori di sistem operasi Linux. Dalam sistem operasi Linux, setiap file/direktori mempunyai mode akses tertentu. Dimana mode akses ini akan memberikan batasan-batasan bagaimana suatu file/direktori itu diakses dan oleh siapa saja.

Digunakan untuk menambah dan mengurangi ijin pemakai untuk mengakses file atau direktori. Anda dapat menggunakan sistem numeric coding atau sistem letter coding. Ada tiga jenis permission/perijinan yang dapat dirubah yaitu r untuk read, w untuk write dan x untuk execute.

Dengan menggunakan letter coding, Anda dapat merubah permission diatas untuk masing-masing u (user), g (group), o (other) dan a (all) dengan hanya memberi tanda plus (+) untuk menambah ijin dan tanda minus (-) untuk mencabut ijin.

Chmod berfungsi untuk mengatur hak akses atau permission terhadap suatu file/direktori kepada user, group dan other. Kegunaan chmod hampir sama dengan perintah attrib pada DOS.

Hak akses chmod tersebut dibagi menjadi 3 macam:
r = read. Dapat dibaca (baik file atau direktori)
w = write. Dapat di tulis/edit (jika file) dan membuat file/direktory baru (jika direktori)
x = execute. Dapat di eksekusi (jika file) dan dimasuki (jika direktori)

Octal dari permisi tersebut adalah:
4 = r
2 = w
1 = x
0 = No Permission

Berikut daftar arti dari angka – angka tersebut:
7 = rwx
6 = rw-
5 = r-x
4 = r–
3 = -wx
2 = -w-
1 = –x
0 = —

Contoh 1:
Jika kita ingin memberikan full akses (rwx) untuk User/Pemilik dan untuk Group serta Other hanya dapat akses baca dan eksekusi saja.
Perintahnya:
$ chmod 755 file/folder
keterangan:
4+2+1 = 7 untuk akses u (User)
4+1 = 5 untuk akses g (Group)
4+1 = 5 untuk akses o (Other)

Contoh 2:
Jika kita ingin memberikan akses baca dan tulis saja (rw-) untuk User/pemilik dan tidak ada hak akses untuk Group maupun Other.
Perintahnya:
$ chmod 600 file/folder
keterangan:
4+2 = 6 untuk akses u (User)
0 untuk akses g (Group)
0 untuk akses o (Other)

No Comments

Leave Comment

 

error: Content is protected !!
× Hubungi Kami