Interface pada VM

16
Nov 2023
Category : Linux
Author : admin
Views : 115x

Disini kita bisa menambahkan adapter LAN atau interface. adapun jenis setting jaringan biasanya adalah :

  • NAT : Setting jaringan dengan model NAT akan membuat  komputer guest (virtual) dapat melakukan ping ke komputer host (nyata) tapi tidak sebaliknya.Jadi apabila komputer host terhubung dengan internet dengan model NAT komputer guest pun juga bisa terhubung ke internet.
  • Briged Adapter : Setting jaringan dengan bridged menyebabkan antar komputer host dan guest bisa saling terhubung. Setting Bridge adapter bisa dihubungkan dengan adapter wifi atau ethernet pada komputer host (nyata). Jadi apabila  komputer host terkoneksi dengan internet pake lan card (ethernet) maka bisa disharing ke komputer guest dengan sharat IP adress guest di setting satu network dengan ip ethernet komputer host.
  • Jaringan Internal (Inernal Network) : Dengan settingan ini komputer – komputer di linkungan virtual saja yang bisa saling terhubung.
  • Host Only Adapter : Untuk menghubungkan antara komputer pada virtual box dengan komputer host. Jadi antar keduanya bisa saling terhubung (ping). Dan ingat setting ip address masing2 pada network yang sama.
× Ada yang bisa saya bantu.